| KODE |
|
STANDAR ISI |
| 11 |
1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan |
|
| 111 |
1.1.1. Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan
menggunakan panduan yang disusun BSNP
|
|
| 999 |
Aspek |
|
| 1111 |
[1]. Untuk selain SMK, kelompok mata pelajaran dalam dokumen
KTSP: |
|
| 111111 |
|
Agama dan akhlak mulia |
| 111112 |
|
Kewarganegaraan dan kepribadian |
| 111113 |
|
Ilmu pengetahuan dan teknologi |
| 111114 |
|
Estetika |
| 111115 |
|
Jasmani, olah raga, dan
kesehatan |
| 111116 |
|
Muatan lokal |
| 11112 |
Untuk SMK, kelompok mata pelajaran dalam dokumen KTSP: |
|
| 111121 |
|
Kelompok mata pelajaran normatif |
| 111122 |
|
Kelompok mata pelajaran adaptif |
| 111123 |
|
Kelompok mata pelajaran
produktif |
| 111124 |
|
Muatan lokal |
| 1112 |
[2]. Struktur Kurikulum |
|
| 11121 |
|
8 mata pelajaran, muatan lokal
dan pengembangan diri untuk SD/MTs/10 mata pelajaran, muatan lokal, dan
pengembangan diri untuk SMP/MTs/16 mata pelajaran, muatan lokal dan
pengembangan diri untuk SMA/MA kelas X/13 mata pelajaran, muatan lokal, dan
pengembangan diri untuk SMA/MA kelas XI-XII/10 mata pelajaran wajib, muatan
lokal dan pengembangan diri untuk SMK/MAK |
| 11122 |
|
Penambahan jam pelajaran
maksimum 4 jam pelajaran setiap minggu |
| 11123 |
|
Untuk SMP, SMA, dan SMK,
mengakomodasi kegiatan tatap muka, terstruktur, dan tugas mandiri (SKS) |
| 11124 |
|
Pemanfaatan TIK |
| 11125 |
|
Pemerkayaan dengan kurikulum
dari sekolah maju di dalam negeri |
| 11126 |
|
Pemerkayaan dengan kurikulum
dari negara maju |
| 11127 |
|
Memuat standar isi dan standar
kompetensi lulusan yang diperkaya dengan kurikulum dari negara maju |
| 11128 |
|
Pembelajaran matematika, sains,
teknologi informasi dan komunikasi, teknologi dasar, dan bahasa Inggris yang
mengandung ranah kognitif pengetahuan, penerapan, dan penalaran |
| 11129 |
|
Pengembangan diri |
| 111210 |
|
Muatan kompetensi yang
dipersyaratkan industri nasional |
| 111211 |
|
Muatan kompetensi yang dipersyaratkan industri internasional |
| 1113 |
[3]. Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum: |
|
| 11131 |
|
Pendidikan karakter bangsa
menyatu dalam seluruh mata pelajaran |
| 11132 |
|
Berpusat pada potensi,
perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya |
| 11133 |
|
Beragam dan terpadu |
| 11134 |
|
Tanggap terhadap perkembangan
ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni |
| 11135 |
|
Relevan dengan kebutuhan
kehidupan |
| 11136 |
|
Menyeluruh dan berkesinambungan |
| 11137 |
|
Belajar sepanjang hayat |
| 11138 |
|
Seimbang antara kepentingan
nasional dan kepentingan daerah |
| 11139 |
|
Diperkaya dengan pengembangan
kurikulum dari negara maju |
| 111310 |
|
Proses pengembangan KTSP mengadopsi sistem kurikulum dari
negara maju |
| 1114 |
[4]. Prinsip-prinsip pelaksanaan kurikulum: |
|
| 11141 |

|
Didasarkan pada potensi,
perkembangan dan kondisi peserta didik untuk menguasai kompetensi |
| 11142 |
|
Dilaksanakan dengan menegakkan
pilar belajar |
| 11143 |
|
Memungkinkan peserta didik
mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan/atau percepatan |
| 11144 |
|
Dilaksanakan dalam suasana
hubungan peserta didik dan pendidik yang saling menerima dan menghargai |
| 11145 |
|
Diselenggarakan dalam
keseimbangan, keterkaitan, dan kesinambungan yang cocok dan memadai
antarkelas dan jenis serta jenjang
pendidikan |
| 11146 |
|
Dengan mendayagunakan kondisi
alam, sosial dan budaya serta kekayaan daerah |
| 11147 |
|
Kemanfaatan kurikulum yang
dikembangkan menjadi rujukan bagi pengembangan kurikulum sekolah lain |
| 11148 |
|
Dengan menggunakan pendekatan
multistrategi dan multimedia |
| 11149 |
|
Mengembangkan program dan budaya
kompetitif, kolaboratif dan semangat kewirausahaan yang dilandasi moral dan etika tinggi |
| 111410 |
|
Memanfaatkan teknologi informasi
dan komunikasi dalam pembelajaran |
| 111411 |
|
Mengembangkan pemahaman lintas
budaya dan penguasaan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya secara aktif |
| 1115 |
[5]. Alokasi waktu dalam dokumen KTSP memuat: |
|
| 11151 |
|
Alokasi waktu satu jam pelajaran
(1 jam pelajaran adalah 35 menit untuk SD/MI/1 jam pelajaran adalah 40
menit untuk SMP/MTs/1 jam pelajaran 45
menit untuk SMA/MA) |
| 11152 |
|
Minggu efektif dalam 1 tahun (2
semester) adalah 34-38 minggu |
| 11153 |
|
Jumlah jam pertahun untuk SD/MI
kelas I –III: 516-612 jam/th; untuk SD/MI kelas IV-VI: 635–709 jam/th; untuk
SMP/MTs kelas VII-IX: 725-811 jam/th; untuk SMA/MA kelas X-XII: 969-1111,5
jam/th; untuk SMK/MAK kelas X-XII: 1026 jam/th |
| 112 |
1.1.2. Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakteristik
daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi
budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran |
|
| 1121 |
[6]. Kurikulum muatan lokal mempertimbangkan: |
|
| 11211 |
|
Karakteristik daerah |
| 11212 |
|
Kebutuhan sosial masyarakat |
| 11213 |
|
Kondisi budaya |
| 11214 |
|
Integrasi dengan mata pelajaran
lain |
| 11215 |
|
Usia peserta didik |
| 11216 |
|
Kebutuhan pembelajaran |
| 11217 |
|
Isi yang dapat dijadikan rujukan
bagi pengembangan kurikulum sekolah lain |
| 11218 |
|
Keunggulan lokal yang memiliki
daya saing internasional |
| 113 |
1.1.3. Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu,
rencana program remedial, dan pengayaan bagi peserta didik |
|
| 1131 |
[7]. Sekolah merencanakan program remedial: |
|
| 11311 |
|
Ya |
| 1132 |
[8]. Sekolah merencanakan program pengayaan: |
|
| 11321 |
|
Ya |
| 12 |
1.2. Sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi
peserta didik |
|
| 121 |
1.2.1. Sekolah menyediakan layanan bimbingan dan konseling
untuk memenuhi kebutuhan pengembangan
pribadi peserta didik |
|
| 1211 |
[9]. Kegiatan Bimbingan Konseling diorganisasikan ke dalam
tahapan: |
|
| 12111 |
|
Perencanaan |
| 12112 |
|
Pelaksanaan |
| 12113 |
|
Evaluasi |
| 12114 |
|
Fasilitasi pengembangan diri
peserta didik untuk pengembangan karir |
| 12115 |
|
Pertimbangan potensi kasus
setiap individu peserta didik |
| 12116 |
|
Fasilitasi pengembangan diri peserta didik untuk membangun
wawasan internasional |
| 122 |
1.2.2. Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk
memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi
peserta didik |
|
| 1221 |
[10]. Pengembangan kegiatan ekstra kurikuler disesuaikan
dengan: |
|
| 12211 |
|
Bakat |
| 12212 |
|
Minat |
| 12213 |
|
Gender |
| 12214 |
|
Potensi setiap individu peserta
didik |
| 12215 |
|
Tingkat perkembangan (usia) |
| 12216 |
|
Budaya setempat |
| 12217 |
|
Lingkungan setempat |
| 12218 |
|
Lingkungan internasional |
| 1222 |
[11]. Kegiatan ekstra kurikuler diorganisasikan ke dalam
tahapan: |
|
| 12221 |
|
Perencanaan |
| 12222 |
|
Pelaksanaan |
| 12223 |
|
Evaluasi |
| 12224 |
|
Tindak lanjut |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar