KODE |
|
STANDAR ISI |
11 |
1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan |
|
111 |
1.1.1. Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan
menggunakan panduan yang disusun BSNP
|
|
999 |
Aspek |
|
1111 |
[1]. Untuk selain SMK, kelompok mata pelajaran dalam dokumen
KTSP: |
|
111111 |
|
Agama dan akhlak mulia |
111112 |
|
Kewarganegaraan dan kepribadian |
111113 |
|
Ilmu pengetahuan dan teknologi |
111114 |
|
Estetika |
111115 |
|
Jasmani, olah raga, dan
kesehatan |
111116 |
|
Muatan lokal |
11112 |
Untuk SMK, kelompok mata pelajaran dalam dokumen KTSP: |
|
111121 |
|
Kelompok mata pelajaran normatif |
111122 |
|
Kelompok mata pelajaran adaptif |
111123 |
|
Kelompok mata pelajaran
produktif |
111124 |
|
Muatan lokal |
1112 |
[2]. Struktur Kurikulum |
|
11121 |
|
8 mata pelajaran, muatan lokal
dan pengembangan diri untuk SD/MTs/10 mata pelajaran, muatan lokal, dan
pengembangan diri untuk SMP/MTs/16 mata pelajaran, muatan lokal dan
pengembangan diri untuk SMA/MA kelas X/13 mata pelajaran, muatan lokal, dan
pengembangan diri untuk SMA/MA kelas XI-XII/10 mata pelajaran wajib, muatan
lokal dan pengembangan diri untuk SMK/MAK |
11122 |
|
Penambahan jam pelajaran
maksimum 4 jam pelajaran setiap minggu |
11123 |
|
Untuk SMP, SMA, dan SMK,
mengakomodasi kegiatan tatap muka, terstruktur, dan tugas mandiri (SKS) |
11124 |
|
Pemanfaatan TIK |
11125 |
|
Pemerkayaan dengan kurikulum
dari sekolah maju di dalam negeri |
11126 |
|
Pemerkayaan dengan kurikulum
dari negara maju |
11127 |
|
Memuat standar isi dan standar
kompetensi lulusan yang diperkaya dengan kurikulum dari negara maju |
11128 |
|
Pembelajaran matematika, sains,
teknologi informasi dan komunikasi, teknologi dasar, dan bahasa Inggris yang
mengandung ranah kognitif pengetahuan, penerapan, dan penalaran |
11129 |
|
Pengembangan diri |
111210 |
|
Muatan kompetensi yang
dipersyaratkan industri nasional |
111211 |
|
Muatan kompetensi yang dipersyaratkan industri internasional |
1113 |
[3]. Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum: |
|
11131 |
|
Pendidikan karakter bangsa
menyatu dalam seluruh mata pelajaran |
11132 |
|
Berpusat pada potensi,
perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya |
11133 |
|
Beragam dan terpadu |
11134 |
|
Tanggap terhadap perkembangan
ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni |
11135 |
|
Relevan dengan kebutuhan
kehidupan |
11136 |
|
Menyeluruh dan berkesinambungan |
11137 |
|
Belajar sepanjang hayat |
11138 |
|
Seimbang antara kepentingan
nasional dan kepentingan daerah |
11139 |
|
Diperkaya dengan pengembangan
kurikulum dari negara maju |
111310 |
|
Proses pengembangan KTSP mengadopsi sistem kurikulum dari
negara maju |
1114 |
[4]. Prinsip-prinsip pelaksanaan kurikulum: |
|
11141 |

|
Didasarkan pada potensi,
perkembangan dan kondisi peserta didik untuk menguasai kompetensi |
11142 |
|
Dilaksanakan dengan menegakkan
pilar belajar |
11143 |
|
Memungkinkan peserta didik
mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan/atau percepatan |
11144 |
|
Dilaksanakan dalam suasana
hubungan peserta didik dan pendidik yang saling menerima dan menghargai |
11145 |
|
Diselenggarakan dalam
keseimbangan, keterkaitan, dan kesinambungan yang cocok dan memadai
antarkelas dan jenis serta jenjang
pendidikan |
11146 |
|
Dengan mendayagunakan kondisi
alam, sosial dan budaya serta kekayaan daerah |
11147 |
|
Kemanfaatan kurikulum yang
dikembangkan menjadi rujukan bagi pengembangan kurikulum sekolah lain |
11148 |
|
Dengan menggunakan pendekatan
multistrategi dan multimedia |
11149 |
|
Mengembangkan program dan budaya
kompetitif, kolaboratif dan semangat kewirausahaan yang dilandasi moral dan etika tinggi |
111410 |
|
Memanfaatkan teknologi informasi
dan komunikasi dalam pembelajaran |
111411 |
|
Mengembangkan pemahaman lintas
budaya dan penguasaan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya secara aktif |
1115 |
[5]. Alokasi waktu dalam dokumen KTSP memuat: |
|
11151 |
|
Alokasi waktu satu jam pelajaran
(1 jam pelajaran adalah 35 menit untuk SD/MI/1 jam pelajaran adalah 40
menit untuk SMP/MTs/1 jam pelajaran 45
menit untuk SMA/MA) |
11152 |
|
Minggu efektif dalam 1 tahun (2
semester) adalah 34-38 minggu |
11153 |
|
Jumlah jam pertahun untuk SD/MI
kelas I –III: 516-612 jam/th; untuk SD/MI kelas IV-VI: 635–709 jam/th; untuk
SMP/MTs kelas VII-IX: 725-811 jam/th; untuk SMA/MA kelas X-XII: 969-1111,5
jam/th; untuk SMK/MAK kelas X-XII: 1026 jam/th |
112 |
1.1.2. Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakteristik
daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi
budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran |
|
1121 |
[6]. Kurikulum muatan lokal mempertimbangkan: |
|
11211 |
|
Karakteristik daerah |
11212 |
|
Kebutuhan sosial masyarakat |
11213 |
|
Kondisi budaya |
11214 |
|
Integrasi dengan mata pelajaran
lain |
11215 |
|
Usia peserta didik |
11216 |
|
Kebutuhan pembelajaran |
11217 |
|
Isi yang dapat dijadikan rujukan
bagi pengembangan kurikulum sekolah lain |
11218 |
|
Keunggulan lokal yang memiliki
daya saing internasional |
113 |
1.1.3. Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu,
rencana program remedial, dan pengayaan bagi peserta didik |
|
1131 |
[7]. Sekolah merencanakan program remedial: |
|
11311 |
|
Ya |
1132 |
[8]. Sekolah merencanakan program pengayaan: |
|
11321 |
|
Ya |
12 |
1.2. Sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi
peserta didik |
|
121 |
1.2.1. Sekolah menyediakan layanan bimbingan dan konseling
untuk memenuhi kebutuhan pengembangan
pribadi peserta didik |
|
1211 |
[9]. Kegiatan Bimbingan Konseling diorganisasikan ke dalam
tahapan: |
|
12111 |
|
Perencanaan |
12112 |
|
Pelaksanaan |
12113 |
|
Evaluasi |
12114 |
|
Fasilitasi pengembangan diri
peserta didik untuk pengembangan karir |
12115 |
|
Pertimbangan potensi kasus
setiap individu peserta didik |
12116 |
|
Fasilitasi pengembangan diri peserta didik untuk membangun
wawasan internasional |
122 |
1.2.2. Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk
memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi
peserta didik |
|
1221 |
[10]. Pengembangan kegiatan ekstra kurikuler disesuaikan
dengan: |
|
12211 |
|
Bakat |
12212 |
|
Minat |
12213 |
|
Gender |
12214 |
|
Potensi setiap individu peserta
didik |
12215 |
|
Tingkat perkembangan (usia) |
12216 |
|
Budaya setempat |
12217 |
|
Lingkungan setempat |
12218 |
|
Lingkungan internasional |
1222 |
[11]. Kegiatan ekstra kurikuler diorganisasikan ke dalam
tahapan: |
|
12221 |
|
Perencanaan |
12222 |
|
Pelaksanaan |
12223 |
|
Evaluasi |
12224 |
|
Tindak lanjut |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar