|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN |
3.1. Peserta didik dapat
mencapai target akademis yang diharapkan |
|
3.1.1. Peserta didik
memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan
SKL |
|
Aspek |
|
[34]. Hasil belajar peserta
didik mencapai target yang ditetapkan KKM pada: |
|
|
Hasil belajar peserta didik tiap mata pelajaran telah
melampaui KKM |
|
Hasil ujian nasional peserta didik mengalami peningkatan |
|
Salah satu bagian dari kelompok mata pelajaran lain yang
diadopsi dari sekolah di negara maju |
[35]. Kelompok mata pelajaran
yang ketercapaian target SKL-nya mengalami peningkatan secara konsisten: |
|
|
Agama dan akhlak mulia |
|
Kewarganegaraan dan kepribadian |
|
Ilmu pengetahuan dan teknologi |
|
Estetika |
|
Jasmani olahraga dan kesehatan |
|
Hasil ujian nasional |
|
Mata pelajaran lain yang diadopsi dari sekolah di negara maju |
[36]. Hasil ujian peserta
didik pada setiap tahunnya: |
|
|
berhasil ≥90% |
|
rata-rata nilai selalu meningkat |
|
kemampuan bahasa Inggris meningkat |
3.1.2. Peserta didik
memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri |
|
[37]. Performansi individu
peserta didik: |
|
|
pembelajaran di kelas |
|
penugasan |
|
ekstra kurikuler |
|
ujian/ulangan |
|
penyampaian gagasan untuk memecahkan permasalahan kehidupan
sehari-hari |
|
penyampaian gagasan secara lisan dan tertulis dalam bahasa
Inggris/bahasa asing lainnya |
[38]. Peserta didik memperkaya
pengetahuannya dari sumber: |
|
|
perpustakaan |
|
internet |
|
surat kabar/majalah |
|
seminar/simposium/konferensi nasional |
|
forum akademik internasional |
3.1.3. Peserta didik
memperlihatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi |
|
[39]. Peserta didik memiliki
motivasi, percaya diri dan bertanggung jawab dalam kegiatan: |
|
|
pembelajaran di kelas |
|
ekstrakurikuler (senibudaya, olahraga, pramuka) |
|
penugasan |
|
lomba/kompetisi |
|
belajar bersama |
|
membaca artikel berbahasa Inggris/bahasa asing lainnya |
[40]. Peserta didik memperoleh
pengalaman belajar dengan memanfaatkan lingkungan secara produktif melalui
kegiatan: |
|
|
pembelajaran di kelas |
|
penugasan |
|
praktikum |
|
peringatan hari besar |
|
praktik lapangan/ industry |
|
praktik lapangan/industri yang diakui setara internasional |
[41]. Peserta didik mampu
mengekspresikan diri melalui kegiatan: |
|
|
seni budaya dan olah raga |
|
kegiatan dalam rangka hari besar nasional dan keagamaan |
|
penugasan keagamaan |
|
kepramukaan |
|
organisasi kesiswaan |
|
organisasi masyarakat |
|
apresiasi, aktualisasi, dan pengenalan karya seni dan budaya
dalam forum internasional |
3.2. Peserta didik dapat
mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat |
|
3.2.1. Sekolah mengembangkan
kepribadian peserta didik |
|
[42]. Acuan perilaku peserta
didik di masyarakat: |
|
Jenjang SD/MI: |
|
|
Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara
dan tanah air Indonesia |
|
Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya |
|
Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras dan golongan
sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya |
|
Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan |
|
Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri |
|
Berkomunikasi secara jelas dan santun |
|
Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar aman dan
memanfaatkan waktu luang |
|
Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari
potensinya |
Jenjang SMP/MTs: |
|
|
Menerapkan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa
dan bernegara |
|
Mematuhi aturan–aturan social,hokum dan perundangan |
|
Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras dan golongan
sosial ekonomi |
|
Memahami kekurangan dan kelebiahan diri sendiri |
|
Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun |
|
Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar dan aman
dalam kehidupan sehari–hari |
|
Menghargai adanya perbedaan pendapat |
|
Menghargai karya seni dan budaya nasional Indonesia |
Jenjang SMA/MA: |
|
|
Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan
kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya |
|
Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas
perilaku, perbuatan dan pekerjaannya |
|
Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial |
|
Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras dan golongan
sosial ekonomi |
|
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan
inovatif dalam pengambilan keputusan |
|
Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk
pemberdayaan diri |
|
Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan
hasil yang terbaik |
|
Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah
kompleks |
|
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan
di masyarakat |
|
Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap
orang lain |
|
Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti
pendidikan tinggi |
Jenjang SMK/MAK: |
|
|
Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial |
|
Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras dan golongan
sosial ekonomi |
|
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan
inovatif dalam pengambilan keputusan |
|
Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan
hasil yang terbaik |
|
Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah
kompleks |
|
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan
di masyarakat |
|
Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap
orang lain |
|
Menguasai kompetensi program
keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun
untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya |
3.2.2. Sekolah mengembangkan
keterampilan hidup |
|
[43]. Keterampilan hidup
melalui kegiatan intrakurikuler: |
|
|
Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis |
|
Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam
kehidupan sehari-hari |
|
Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di
lingkungan sekitar |
|
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis |
|
Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis
dan berhitung |
|
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan
inovatif |
[44]. Keterampilan hidup
melalui kegiatan ekstrakurikuler: |
|
|
mengelola koperasi sekolah |
|
mengelola kantin sekolah |
|
mengelola apotek hidup |
|
mengikuti kegiatan seni budaya |
|
mengikuti kegiatan olah raga |
|
mengelola home industry |
3.2.3. Sekolah mengembangkan
nilai-nilai agama, budaya, dan sikap yang terpuji. |
|
[45]. Penerapan nilai agama
dan budaya melalui: |
|
|
pembelajaran di kelas |
|
ekstrakurikuler (senibudaya, olahraga, pramuka) |
|
penugasan |
|
lomba/kompetisi |
|
belajar bersama |
|
kegiatan kemasyarakatan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar