Rabu, 17 Oktober 2012

EVALUASI STANDAR SKL

  STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
3.1. Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan
3.1.1. Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL
Aspek
[34]. Hasil belajar peserta didik mencapai target yang ditetapkan KKM pada:
 
Hasil belajar peserta didik tiap mata pelajaran telah melampaui KKM
 
Hasil ujian nasional peserta didik mengalami peningkatan
 
Salah satu bagian dari kelompok mata pelajaran lain yang diadopsi dari sekolah di negara maju
[35]. Kelompok mata pelajaran yang ketercapaian target SKL-nya mengalami peningkatan secara konsisten:
 
Agama dan akhlak mulia
 
Kewarganegaraan dan kepribadian
 
Ilmu pengetahuan dan teknologi
 
Estetika
 
Jasmani olahraga dan kesehatan
 
Hasil ujian nasional
 
Mata pelajaran lain yang diadopsi dari sekolah di negara maju
[36]. Hasil ujian peserta didik pada setiap tahunnya:
 
berhasil ≥90%
 
rata-rata nilai selalu meningkat
 
kemampuan bahasa Inggris meningkat
3.1.2. Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri
[37]. Performansi individu peserta didik:
 
pembelajaran di kelas
 
penugasan
 
ekstra kurikuler
 
ujian/ulangan
 
penyampaian gagasan untuk memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari
 
penyampaian gagasan secara lisan dan tertulis dalam bahasa Inggris/bahasa asing lainnya
[38]. Peserta didik memperkaya pengetahuannya dari sumber:
 
perpustakaan
 
internet
 
surat kabar/majalah
 
seminar/simposium/konferensi nasional
 
forum akademik internasional
3.1.3. Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi
[39]. Peserta didik memiliki motivasi, percaya diri dan bertanggung jawab dalam kegiatan:
 
pembelajaran di kelas
 
ekstrakurikuler (senibudaya, olahraga, pramuka)
 
penugasan
 
lomba/kompetisi
 
belajar bersama
 
membaca artikel berbahasa Inggris/bahasa asing lainnya
[40]. Peserta didik memperoleh pengalaman belajar dengan memanfaatkan lingkungan secara produktif melalui kegiatan:
 
pembelajaran di kelas
 
penugasan
 
praktikum
 
peringatan hari besar
 
praktik lapangan/ industry
 
praktik lapangan/industri yang diakui setara internasional
[41]. Peserta didik mampu mengekspresikan diri melalui kegiatan:
 
seni budaya dan olah raga
 
kegiatan dalam rangka hari besar nasional dan keagamaan
 
penugasan keagamaan
 
kepramukaan
 
organisasi kesiswaan
 
organisasi masyarakat
 
apresiasi, aktualisasi, dan pengenalan karya seni dan budaya dalam forum internasional
3.2. Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat
3.2.1. Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik
[42]. Acuan perilaku peserta didik di masyarakat:
Jenjang SD/MI:
 
Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara dan tanah air Indonesia
 
Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya
 
Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
 
Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
 
Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
 
Berkomunikasi secara jelas dan santun
 
Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar aman dan memanfaatkan waktu luang
 
Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
Jenjang SMP/MTs:
 
Menerapkan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara
 
Mematuhi aturan–aturan social,hokum dan perundangan
 
Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras dan golongan sosial ekonomi
 
Memahami kekurangan dan kelebiahan diri sendiri
 
Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun
 
Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar dan aman dalam kehidupan sehari–hari
 
Menghargai adanya perbedaan pendapat
 
Menghargai karya seni dan budaya nasional Indonesia
Jenjang SMA/MA:
 
Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
 
Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan dan pekerjaannya
 
Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
 
Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras dan golongan sosial ekonomi
 
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif dalam pengambilan keputusan
 
Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
 
Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
 
Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
 
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
 
Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
 
Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi
Jenjang SMK/MAK:
 
Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
 
Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras dan golongan sosial ekonomi
 
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif dalam pengambilan keputusan
 
Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
 
Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
 
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
 
Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
 
Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya
3.2.2. Sekolah mengembangkan keterampilan hidup
[43]. Keterampilan hidup melalui kegiatan intrakurikuler:
 
Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis
 
Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
 
Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar
 
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
 
Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis dan berhitung
 
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif
[44]. Keterampilan hidup melalui kegiatan ekstrakurikuler:
 
mengelola koperasi sekolah
 
mengelola kantin sekolah
 
mengelola apotek hidup
 
mengikuti kegiatan seni budaya
 
mengikuti kegiatan olah raga
 
mengelola home industry
3.2.3. Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan sikap yang terpuji.
[45]. Penerapan nilai agama dan budaya melalui:
 
pembelajaran di kelas
 
ekstrakurikuler (senibudaya, olahraga, pramuka)
 
penugasan
 
lomba/kompetisi
 
belajar bersama
 
kegiatan kemasyarakatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar