Selasa, 02 Oktober 2012

CONTOH KTSP

-->




CONTOH KTSP
JIKA INGIN MELIHAT DAN MENCONTOH
KURIKULUM 


SD NEGERI ................................










































NAMA SEKOLAH                   : SDN .......................
ALAMAT                                 : ..................................
KELURAHAN                         : .................................
KECAMATAN                         : SEPUTIH MATARAM
KABUPATEN                          : LAMPUNG TENGAH

2012









DAFTAR  ISI


BAB      I. PENDAHULUAN

A.                 LATAR BELAKANG
B.                  TUJUAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
C.                  PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM

BAB     II. TUJUAN PENDIDIKAN DASAR

A.                 TUJUAN PENDIDIKAN
B.                  VISI SEKOLAH
C.                  MISI SEKOLAH
D.                 TUJUAN SEKOLAH

BAB   III. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A.                 MATA PELAJARAN
B.                 MUATAN LOKAL (MULOK)
C.                 KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
D.                 PENGATURAN BEBAN BELAJAR
E.                  KETUNTASAN BELAJAR
F.                  STANDAR KENAIKAN KELAS DAN KELULUSAN
G.                 PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP
H.                 PENDIDIKAN BERBASIS LOKAL DAN GLOBAL


BAB   IV. KALENDER PENDIDIKAN


LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.                 SILABUS DARI STANDAR ISI DAN SKL.
2.                 SILABUS MULOK
3.                RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)






                                           




LEMBAR PENGESAHAN




KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)


NAMA SEKOLAH               : SDN ................................
ALAMAT SEKOLAH          : KAMPUNG ...................
KECAMATAN                     : SEPUTIH MATARAM
KABUPATEN                       : LAMPUNG TENGAH




..........................................

                    KETUA KOMITE                              KEPALA SDN ..........................
                   SDN ........................



                     ......................                                                       .........................................
                                                                                                 Nip : ......................................


                                                                   KEPALA UPTD
                                                                    PENDIDIKAN KECAMATAN
                                                                      SEPUTIH MATARAM
                          



                                                                       ....................................
                                                                        Nip : ...........................



                                                                    




KURIKULUM SD NEGERI ...........................
KECAMATAN SEPUTIH MATARAM
KABUPATEN LAMPUNG TENGAH
TAHUN PELAJARAN .....................


BAB        I. PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Dengan mengacu pada Pemberlakuan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah menuntut pelaksanaan otonomi daerah dan wawasan demokrasi dalam penyelenggaraan pendidikan. Pengelolaan pendidikan yang semula bersifat sentralistik berubah menjadi desentralistik. Desentralistik pengelolaan pendidikan dengan diberikannnya wewenang kepada sekolah untuk menyusun kurikulumnya mengacu pada Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu pasal 3 tentang fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional dan Pasal 35 tentang standar nasional pendidikan. Juga adanya tuntutan globalisasi dalam bidang pendidikan yang mengacu agar hasil pendidikan nasional dapat bersaing dengan hasil pendidikan Negara-negara maju

Desentralisasi pengelolaan pendidikan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kondisi daerah perlu segera dilaksanakan. Bentuk nyata dari desentralisasi pengelolaan pendidikan ini adalah diberikannya kewenangan terhadap sekolah untuk mengambil keputusan berkenaan dengan pengelolaan pendidikan, seperti dalam pengelolaan kurikulum, baik dalam penyusunannya maupun pelaksanannya di sekolah.

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta anak didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan potensi yang ada di daerah pada sekolah tertentu.     

                                                     




DOC.COM.PURWANTO,S.Pd











Standar isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

Pengembangan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk : (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan (c) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

Kewenangan sekolah dalam menyusun kurikulum memungkinkan sekolah menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah, dan kondisi daerah. Dengan demikian, daerah dan atau sekolah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan hal-hal yang akan diajarkan, pengelolaan pengalaman belajar, cara mengajar, dan menilai keberhasilan belajar mengajar.

B. TUJUAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

      Tujuan penyusunan kurikulum ini untuk menjadi acuan bagi SD dalam melaksanakan penyelenggaraan pendidikan.

Yang berlandaskan :

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun tentang Sistem Pendidikan Nasional.
     Ketentuan dalam UU 20/2003 yang mengatur KTSP adalah Pasal 1 ayat (19); Pasal 18 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 32 ayat (1), (2), (3); Pasal 35 ayat (2).

2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang  Standar Nasional Pendidikan.
      Ketentuan di dalam PP 19/2005 yang mengatur KTSP, adalah Pasal 1 ayat (5), (13), (14), (15); Pasal 5 ayat (1), (2); Pasal 6 ayat (6) 

3. Standar Isi

      SI mencakup lingkup meteri dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang da jenis pendidikan tertentu. Termasuk dalam SI adalah : kerangka dasar atau struktur kurikulum, standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) setiap mata pelajaran pada setiap semester dari setiap jenis dan jenjang pendidikan dasar dan menengah. SI ditetapkan dengan Kepmendiknas No. 22 Tahun 2006. 













4. Standar kompetensi Lulusan


      SKL merupaklan kualifikasi  kemampuan lulusan yang mencakup sikap
Pengetahuan dan ketrampilan  sebagaimana yang ditetapkan dengan
KEPMENDIKNAS  no 23 tahun 2006.


5 Pnduan penyusunan KTSP dari BSNP


C. PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM

      Kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah dikembangkan oleh sekolah dan komite sekolah berpedoman pada standar lulusan dan standar isi serta panduan penyusunan kurikulum yang dibuat oleh BSNP. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip berikut.


  1. Berpusat pada portensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertankwa kepada tuhan yang maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.



  1. Beragam dan Terpadu
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah dan jenjang serat jenis pendididikan. 

c.       Tanggap terhadap pengembangan ilmu pengetahuan , tehnologi dan seni.

d.      Relevan dengan kebutuhan kehidupan


e.       Menyeluruh dan berkesinambungan

f.       Belajar sepanjang hayat


g.      Seimbang dengan kepentingan nasional dan daerah

  1. Menjadikan calon penerus bangsa yang berawawasan luas, bermoral, berkualitas secara intak dan intek  















BAB  II
TUJUAN PENDIDIKAN DASAR


A.       TUJUAN PENDIDIKAN
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan ,pengetahuan,kepribadian, serta ketrampilan
Untuk hidup mandiri dan mengikuti ke pendidikan lebih lanjut.



B.       VISI SEKOLAH
Menjadi sekolah terpercaya di masyarakat dan unggul dalam :
-          Meraih prestasi berdasarkan IMTAG DAN IPTEK
-          Perolehan nilai ujian akhir Sekolah (UAS-BN)

C.       MISI SEKOLAH
        Menumbuhkan semangat keunggulan prestasi dan aktifitas keagamaan seluruh warga sekolah dengan :
             - Melaksanakan dan menyiapkan calon generasi bangsa yang unggul serta memiliki potensi di bidang
               IMTAQ dan IMTEK.
             - Melaksanakan kegiatan untuk menciptakan sumber daya manusia yang kreatif,inovatif dan berwawasan    
               dengan tidak meninggalkan karateristik IMTAQ dan IMTEK.

D.       TUJUAN UMUM SDN ....................................

Pada Tahun Pelajaran .................. dan seterusnya sekolah memiliki tujuan  antara lain :
1.      Rata-rata perolehan nilai UAS Dan UAN minimal : UAN : 6.00. UAS : 6.00.
2.      100% Siswa melaksanakan ajaran agamanya.
3.      90% Siswa dapat diterima di sekolah negeri FAFORIT.


















                                              

                                                BAB III

                    STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
                                                       TP. ....................


A.   STRUKTUR KURIKULUM

Struktur  Kurikulum SDN ........................ meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam
Satu jenjang pendidikan selama 6 Tahun mulai kelas I Sampai Kelas VI


Struktur Kurikulum SDN .................................. disusun berdasarkan  standar Kelulusan dan standar
Kompetensi mata Pelajaran dengan ketentuan Sbb :

  1. Kurikulum SDN ................................ memuat 8 Mata pelajaran dan 2 Muatan Lokal serta 2 jenis
Pengembangan diri
  1. Pembelajaran kelas 1 Sampai kelas 3 dilaksanakan melalui Pendekatan .....................???
Sedangkan kelas 4 Sampai kelas 6 melalui mata pelajaran . 
  1. Alokasi waktu 1 jam Pembelajaran adalah 35 menit
           Minggu Efektif dalam 1 Tahun  ( 2 Semester )  adalah ....................Minggu ( Setelah dikurangi
Minggu Non Tatap Muka) selama Setahun.
  1. Struktur Kurikulum SDN ............................. TP. .......................... adalah sebagai berikut :


KOMPONEN
I
II
III
IV
V
VI
A. MATA PELAJARAN






1. Pendidikan Agama
2
2
3
3
3
3
2. Pendidikan Kwarga negaraan
2
2
2
2
2
2
3. Bahasa Indonesia
7
7
7
7
7
7
4. Matematika
7
7
7
7
7
7
5. Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4
7
7
7
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
2
2
3
5
5
5
7. Seni Budaya dan Ketrampilan
2
2
3
3
3
3
8. Pendidikan Jasmani ,Olah raga dan Kesehatan
2
2
3
3
3
3
B. MUATAN LOKAL






1. Bahasa lampung
2
2
2
2
2
2
2. Bahasa Inggris


2
2
2
2
C. PENGEMBANGAN DIRI






1. Pramuka






2. UKS



























            JUMLAH

30
30
36
41
41
41

    












                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        B. MULOK

Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang di sesuaikan dengan cirri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah. Substansi muatan lokal ditentukan oleh sekolah  mengacu pada kebijakan daerah. Muatan lokal merupakan mata pelajaran sehingga sekolah harus mengembangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk setiap jenis muatan lokal yang menjadi ciri khas daerah lampung dan di tetapkan di
SD Negeri ........................ terdiri atas :

1. Bahasa Lampung , di wajibkan dari kelas I sampai dengan kelas VI alokasi waktu 2
    jam pelajaran
2. Bahasa Inggris, diwajibkan bagi siswa kelas III sampai kelas VI alokasi waktu 2
    jam pelajaran

C. KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI

Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik yang di sesuaikan dengan kondisi sekolah.
Kegiatan pengembangan diri di bawah bimbinangan guru kelas atau tenaga pendidikan yang di tunjuk.
Kegiatn pengembangan diri dapat di lakukan antara lain melalui kegiatan :
Terprogam, keteladanan, dan spontan.
Pengembangan diri di sekolah ini meliputi :

1.    KEGIATAN TERPROGRAM

    1. Setiap hari minggu  jam 13.00 wib s/d  16.00 dilaksanakan kegiatan
Latihan KEPRAMUKAAN dari kelas 1 s/d kelas 6.
    1. setiap hari jumat diadakan jumat bersih dengan membersihkan seluruh
lingkungan sekolah baik yang ada didalam kelas maupun di luar kelas termasuk halaman dan lingkungan sekolah sekitarnya.
     
2.   KEGIATAN KETELADANAN

1.       Lomba kebersihan antar kelas
                  2.    Lomba kegiatan pramuka SIAGA DAN PENGGALANG.
    
3.  KEGIATAN SPONTAN

a.       Membiasakan membuang sampah pada tempatnya
b.      berbaris didepan kelas sebelum masuk kelas
c.       Berdoa sebelum pelajaran di mulai dan memberi salam pada guru



















ABSTRAK
DRAF KURIKULUM

D.   PENGATURAN BEBAN KURIKULUM TP 2010/2011

Pengaturan Beban Belajara pada SDN 2 Trimulyo adalah sebagai berikut :


SATUAN PENDIDIKAN
KELAS
SATU JAM PEMBELA
JARAN
TATAP MUKA (MENIT)
JUMLAH JAM
PEMBELAJA
RAN PER
MINGGU
MINGGU
EFEKTIF
DALAM
SATU TAHUN
PELAJARAN

WAKTU
PEMBELA
JARAN PER TAHUN
JUMLAH
JAM PER TAHUN
@ 60
MENIT
SDN ...........
1








2







3







4







5







6






KET:
1.      Dalam satu hari proses KBM dilaksanakan .......... X istirahat @  ........ Menit (Kelas 3, 4, 5, 6 )
2.      Dalam satu hari proses KBM dilaksanakan 1 X istirahat @  20 Menit ( Kelas 1 dan 2 )
3.      Dari pengaturan beban kurikulum tersebut adalah konsekwensi dari rasional jam masuk
Sampai jam pulang adalah sebagai berikut :
4.      Kegiatan KBM Dimulai jam 07.30
5.      Hari Jumat dari Kelas 1-6 pulang jam 11.15  Wib.
6.      Hari Senin Upacara Rutin dengan 1X Jam Pembelajaran.






















                                    


E.  KETUNTASAN BELAJAR TP 2010/2011
Ketuntasan belajar setiap mata pelajaran yang telah di tetapkan sekolah SDN ........................ adalah
sebagai berikut :


STANDAR KETUNTASAN BELAJAR DALAM PROSENTASE
TAHUN PELAJARAN .............................

NO
KOMPONEN
KKM DALAM PROSENTASE
I
II
III
IV
V
VI
A.

















B.



C.
Mata pelajaran
  1. Pendidikan agama

  1. Pendidikan kewarga negaraan dan kepribadian

  1. Bahasa Indonesia

  1. Matematika

  1. Ilmu Pengetahuan Alam

  1. Ilmu Pengetahuan Sosial

  1. Seni budaya dan ketrampilan

  1. Pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan

Muatan lokal
  1. Bahasa lampung

  1. Bahasa Inggris

Pengembangan Diri
  1. Pramuka
  2. UKS


70

65


65

60

65

60

70

70


60

60


B
B


70

65


65

60

65

60

70

70


60

60


B
B


70

65


65

60

65

60

70

70


60

60


B
B


70

65


65

60

65

60

70

70


60

60


B
B


70

65


65

60

65

60

70

70


60

60


B
B


70

65


65

60

65

60

70

70


60

60


B
B









                                                                                                                                                                                                 Ket:1.  Data analisis KKM(Kreteria Ketuntasan Minimal )  Menggunakan Pendekatan                                         
           Analisis Akhir Prosent 

      2. Analisis dimaksud termasuk kreteria Sikap, Perilaku, Kedisiplinan yang harus memenuhi Nilai                       
          Standar B











                                                                                



                                   


E.                 KENAIKAN KELAS DAN KELULUSAN

a.      Kenaikan kelas dan tidak Naik kelas
1.      Dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran.
2.      kenaikan kelas di dasarkan pada penilaian hasil belajar pada Raport semester 1 dan 2  , dengan pertimbangan seluruh SK/KD ( Bidang studi ) smester I dan II Tuintas., yang belum tuntas pada semester 1 ( satu ) harus di tuntaskan sampai mencapai KKM yang di tetapkan sebelum akhir semester 2 ( dua ) Dengan cara melalui Remidial/ujian ulang  apabila memungkinkan waktrunya sebelum pembagian raport. dan atau menggunakan Remedial Komulatif di akhir semester Dua, serta
memberikan penugasan tertentu sesuai kriteria dari keinginan guru kelas/bidang studi Ybs, sehingga
memungkinkan anak dimaksud  dinyatakan tuntas seluruh mata pelajaran, baik pada waktu semester 1 maupun setelah memasuki semester 2.

3.      Peserta didik dinyatakan tidak naik kelas di atasnya, apabila yang bersangkutan tidak mencapai batas tuntas minimal/KKM yang di tetapkan seluruh mata pelajaran pada semester 1 dan II. Dengan catatan :
Sudah melaksanakan ketentuan sesuai point 2  tetapi anak dimaksud tetap dan tetap tidak tuntas salah satu/seluruh Bidang studi untuk semester 1 dan 2.
                      Seluruh keterangan yang menyangkut KKM dan proses ketuntasan setiap siswa pada setiap
                      Bidang studi tercatat pada ruang catatan buku raport siswa, Hasil nilai yang tertuang pada
                      Buku raport semester 1 yang belum tuntas tidak perlu dirubah/dicoret/diganti/ditipek apabila
                      Anak tsb akan dinyatakan naik kelas, cukup disampaikan lewat catatan pada buku Raport
                      Semester 2 Atau kenaikan kelas.
4.      Kehadiran siswa minimal 90 % dari total Minggu Efektif yakni TP 20010/2011 adalah 38 Minggu
5.      Nilai untuk aspek pengembangan diri minimal ( B ) baik
6.      Nilai untuk aspek sikap, Prilaku, Kedisiplinan, Sopan santun adalah minimal ( B ) baik




      b.  Kelulusan

Peserta UN dinyatakan lulus jika memenuhi standar kelulsan UN sebagai berikut :

1. Memiliki nilai rata-rata minimal 6,00 untuk seluruh mata pelajaran yang di ujikan, dengan tidak ada   
    nilai di bawah 5,00  Untuk  UAS Dan UAS-BN
2. Memiliki Nilai UAS-BN Sesuai Pesing Great pada SD Negeri ................. TP .............. yakni :
    Minimal 1. Matematika                   = ...........
                   2.  Bahasa Indonesia          = .............
                   3.  IPA                                 = ..............

2. Serta mengikuti ketentuan dan peraturan dari pemerintah yang berlaku saat itu.



















G. PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP
    
            Pendidikan kecakapan hidup yang dilaksanakan di sekolah ini terintregasi dalam mata
Pelajaran dan dalam kegiatan pengembangan diri.

H. PENDIDIKAN BERBASIS LOKAL DAN GLOBAL
         
Termuat dalam muatan lokal Bahasa Lampung dan Bahasa Inggris.

BAB IV. KALENDER PENDIDIKAN
                       
Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu  pembelajaran efektif dan hari libur.

ANALISIS HARI BELAJAR EFEKTIF
KALENDER PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR NEGERI .........................
TAHUN PELAJARAN ...........................

SEMESTER I
NO
BULAN
HBE
H. LIBUR
KEGIATAN
KET
1
Juli .........
14
Akhir tahun
-PSB : 6 hr


2
Agustus ...........
26

- lomba 6 hr (13-18)

3
Sept. .............
22
Puasa 26-8


4
Okt. .............
14
Idul Fitri 1-2
- MID.Semester 6 hari

5
Nop. .............
26



6
Des. ................
18

Semester : 6 hari


Jumlah
106




Minggu efektif
17




SEMESTER II

NO
BULAN
HBE
H. LIBUR
KEGIATAN
KET
1
Januari .............
24
Tahun baru


2
Februari ...........
24



3
Maret ............
20

Mid semester : 6 hr

4
April ......
26



5
Mei ..........
20

Uas-BN

6
Juni .........
19

Ujian semester bagi rapor


Jumlah
133




Minggu efektif
22




LAMPIRAN-LAMPIRAN
7.      SILABUS DARI SI DAN SKL
8.      SILABUS MULOK
9.      RPP ( RENCANA PELAKSANAAN )














RANGKUMAN
ANALISIS HARI BELAJAR EFEKTIF
KALENDER PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR NEGERI ..........................
TAHUN PELAJARAN ..............

SEMESETER I

SEMESTER









JUMLAH HARI



KEGIATAN



BULAN

s
e
n
i
n


s
e
l
a
s
a
r
a
b
u
k
a
m
i
s
j
u
m
a
t
s
a
b
t
u
Juli



I
3
3
2
2
2
2
14
-   14 Juli awal belajar semester I
-   15,16,17,18juli awal belajar semester I/ orentasi siswa baru
Agustus
5
5
4
4
4
4
26
-                      17 agustus HUT RI / HAJATPRAM
-                       
September
4
4
3
3
4
4
22
-                      30-1 libur awal ramadhan
Oktober
3
3
3
2
1
2
14
-                      26-8 libur idul fitri
Nopember
4
4
4
5
5
4
26

Desember
3
3
3
3
3
3
18
-                      08 idul adha
-                      25 hari raya natal
-                      21 pembagian raport semester ganjil
JUMLAH
106

                          Jumlah minggu efektif  :106 : 6 = 17


SEMESTER II

SEMESTER









JUMLAH HARI



KEGIATAN



BULAN

s
e
n
i
n


s
e
l
a
s
a
r
a
b
u
k
a
m
i
s
j
u
m
a
t
s
a
b
t
u
Januari



II
4
4
3
4
3
3
24
-   1 tahun baru ................
-   2 – 5 libur semester ganjil
-   9,  1 muharam
Februari
4
4
4
4
5
3
24
   9 hari raya waisyak
  21 maulid nabi
Maret
4
4
4
4
3
4
20
-                      8 hari nyepi
-                       
April
4
5
5
4
4
4
26
-                      6 wafat yesus
Mei
3
3
3
4
4
4
20
-                       Minggu 4  UAS
Juni
2
2
2
2
2
1
19
-                      Minggu I UAS-BN
-                      21 pembagian rapor semester II
-                      22-11 LIBUR  SEMESTER GENAB
JUMLAH
133

                           Jumlah minggu efekti : 133 : 6 =     22
                                                                                                                                                ..............................
                                                                                                                                         KEPALA SEKOLAH SDN ............................



               


                                                                                                                                                                ...................................
                                                                                                                                                                Nip : ................................

Doc.COM.  Purwanto, S. Pd














































































































                                      ABSTRAK
                 DRAF KURIKULUM TP. 2010/2011
SD NEGERI 2 TRIMULYO



    REKAPITULASI PROGRAM   SEMESTER
SDN 2 TRIMULYO
TP. 2010/2011

SEMESTER I
SEMESTER II
No
Nama bulan
Banyaknya minggu efektif  (Kotor)
Kegiatan non tatap muka
Jumlah minggu
(NTP)
No
Nama bulan
Banyaknya minggu efektif (kotor)
Kegiatan non tatap muka
Jlh minggu
(NTP)
1

2

3

4

5

6
Juli

Agustus

Sebtember

Oktober

November

Desember

3

4

4

4

4

3

-      Awal tahun ajaran.
-      Keg. puasa
Idul fitri
  2010

-      Mid Smest I Tp.2010/2011


- semester ganjil
1

2

2





     2
1

2

3

4

5

6
Januari

Februari

Maret

April

Mei

Juni
4

4

5

5

5

4




- Mid Semester II


-UAS-BN 2010/2011
-Semester genap




1



2

2
Jumlah
22

7


27

5
Ket : 22 minggu – 7 minggu =(15) minggu x  Setiap mata. pelajaran ( struktur kurikulum ) = …………. Jam pelajaran , Dlm semester I

Ket : 27 minggu – 5minggu =( 22) minggu x ……Setiap mata. pel (struktur kurikulum)= ……………. Jam pelajaran, Dlm semester II



   a.     Jumlah total minggu Efektif Tatap muka Pelajaran : semester I = 15 Minggu, Semester II = 22 Minggu ((Satu tahun Pelajaran = 37  Minggu.)








 DOC. COM PURWANTO,S.Pd. 2010















                                      ABSTRAK
                 DRAF KURIKULUM TP. 2010/2011
SD NEGERI 2 TRIMULYO



ANALISIS  PROGRAM MINGGU EFEKTIF TATAP MUKA PELAJARAN
TP.2010/2011



PADA SDN 2 TRIMULYO

SEMESTER I (SATU)TP 2010/2011
JULI
AGUSTUS
SEBTEMBER
OKTOBER
NOVEMBER
DESEMBER
TOTAL
15
MINGGU
TMP
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
-
-
-
V
V
V
-
-
V
-
-
-
V
V
-
-
V
V
V
V
V
V
V
V
-
V
-
-
-


-








































SEMESTER II (DUA)TP 2010/2011
JANUARI
FEBRUARI
MARET
APRIL
MEI
JUNI
TOTAL
22
MINGGU
TMP
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
-
V
V

V
V
V
V
V
V
-
-
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
-
-
V
V
-
-
-







































                                                                                                                                                        
                                                                                                                             TRIMULYO    12  JULI 2010
                                                                                                         KEPALA SEKOLAH SDN 2 TRIMULYO




                                                                                                            PURWANTO,S.Pd
                                                                                                            Nip : 196603111987031005


Tidak ada komentar:

Posting Komentar